Sabtu, 12 Mei 2012

Pembuahan pada tumbuhan biji tertutup (angiospermae)

Setelah terjadi peristiwa penyerbukan, serbuk sari kemudian mengalami pertumbuhan menjadi buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari bergerak menuju ke bakal biji yang terdapat di dalam bakal buah. Sementara serbuk sari tumbuh membentuk buluh serbuk sari, inti sel serbuk sari membelah menjadi dua, yaitu inti vegetatif dan inti generatif. Inti generatif membelah lagi menjadi inti spermatozoid I dan inti spermatozoid II. Inti vegetatif berada pada paling depan dalam buluh serbuk sari sebagai penunjuk jalan ke bakal biji diikuti inti spermatozoid I dan inti spermatozoid II.

Di dalam bakal biji terjadi pembentukan sel telur. Inti sel telur berasal dari inti kandung lembaga. Inti kandung lembaga membelah berulang-ulang sehingga menghasilkan 8 inti. Tiga inti yang berada di daerah kalaza disebut antipoda. Dua inti di tengah bergabung membentuk inti kandung lembaga sekunder dan tiga inti yang lain menempatkan diri di dekat mikrofil. 2 inti pengapitnya disebut sinergid, sedangkan yang diapitnya disebut ovum (sel telur). Setelah selesai pembentukan sel telur, berarti sel telur siap dibuahi. Dua inti spermatozoid dalam buluh serbuk sari masuk ke dalam kandung lembaga melalui mikrofil.
1. Inti spermatozoid I melebur dengan inti sel telur membentuk zigot yang akan berkembang menjadi embrio.
2. Inti spermatozoid II melebur dengan inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperm (cadangan makanan).

Dalam proses pembuahan pada tumbuhan biji tertutup, terjadi dua macam pembuahan, maka disebut pembuahan ganda.

Pada tumbuhan biji terbuka, alat penghasil sel kelamin betina disebut strobilus betina, sedangkan alat penghasil sel kelamin jantan disebut strobilus jantan. Spermatozoid yang dihasilkan oleh serbuk sari akan membuahi sel telur sehingga dihasilkan zigot saja dan inti vegetatif melebur. Maka pembuahan pada tumbuhan biji terbuka disebut pembuahan tunggal.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2194434-pembuahan-pada-tumbuhan-biji-tertutup/#ixzz1ueXRxhGD

1 komentar: