Senin, 28 Mei 2012

Resume fungsi hormon Auksin, Giberelin, Sitokinin, dan Asam absisat.


Resume fungsi hormon Auksin, Giberelin, Sitokinin, dan Asam absisat.

Auksin
Auksin merupakan zat pengatur tumbuh yang dapat mempengaruhi pertambahan panjang batang, pertumbuhan, diferensiasi dan percabangan akar, perkembangan buah,  dominansi apical, serta gerak fototropisme dan geotropisme. Auksin pertama kali ditemukan oleh Charles Darwin dan putranya pada abad ke-19. Auksin disintesis di meristem apikal tunas ujung, daun muda, embrio dalam biji. Aktivitasnya meliputi perangsangan dan penghambatan pertumbuhan tergantung pada konsentrasi auksinnya. Jaringan yang berbeda memberikan respon yang berbeda pula terhadap kadar auksin yang dapat merangsang atau menghambatnya. Pada kultur jaringan auksin berperan untuk merangsang pertumbuhan kalus, akar, suspensi sel dan organ.



Giberelin
Giberelin ditemukan di jepang ketika ekstrak jamur Gibberela fujikuroi yang menyerang tanaman padi dapat menimbulkan gejala yang sama pada waktu disemprotkan pada tanaman yang sehat. Karakteristik dari penyakit ini adalah menyebabkan pemanjangan ruas-ruas yang berlebihan sehingga menyebabkan tumbuhan mudah rebah. Kerja utama giberelin merangsang pemanjangan. Banyak tumbuhan yang secara genetik kerdil, bila diberi giberelin akan tumbuh memanjang. Disamping merangsang proses pemanjangan, giberelin juga bermanfaat dalam proses pembungaan, perkecambahan biji, dan menghilangkan dormansi. Giberelin dapat berinteraksi dengan hormon lain dan di dalam tubuh tumbuhan bergerak bebas serta angkutan  dan distribusinya tidak polar seperti auksin. Tempat dihasilkan giberelin adalah di meristem apikal tunas ujung dan akar,  daun muda, serta embrio. Gerelin berguna untuk diferensiasi atau perbanyakan fungsi sel terutama pembentukan kalus.


Sitokinin
Sitokinin mengandung bahan yang penting untuk merangsang pembelahan sel yang diisolasi dari bagian tumbuhan. F Skoog menemukan zat yang memberikan efek demikian dari DNA hewan yang kemudian diketahui sebagai 6 furfuril aminopurin yang selanjutnya diberi nama kinetin. Senyawa sintetik yang lain seperti 6 benzilaminopurin diketahui memberikan efek yang sama dengan kinetin dan diberi nama kinin. Hormone dan senyawa- senyawa yang memberikan pengaruh pada pembelahan sekarang disebut sitokinin (hormon yang merangsang sitokinesis) Sitokinin juga berpengaruh pada pertumbuhan dan diferensiasi akar, dan pertumbuhan secara umum, mendorong perkecambahan;,dan menunda penuaan. Tempat dihasilkannya sitokinin adalah  pada akar, embrio dan buah, berpindah dari akar ke organ lain. Sitokinin berperan dalam menstimulus pembelahan sel dan merangsang tunas pucuk pada kultur tanaman.


Asam absisat (ABA)
Senyawa ini berperan dalam memelihara dormansi dari pada proses absisi pada daun. Ditemukan oleh ahli fisiologi Inggris P.F Wareing dan kelompoknya oleh kelompok Amerika dibawah pimpinan F.T Addicot yang menamakan senyawa tersebut sebagai dormin dan absisin II. Sekarang senyawa tersebut dikenan dengan nama asam absisat (ABA) dan menyebabkan dormansi pada biji. ABA yang dihasilkan ini aktivitasnya dapat melawan kerja giberelin pada beberapa tumbuhan dan memiliki struktur yang mirip dengan giberelin. Selain dapat mempertahankan dormansi, asam absisat juga berperan sebagai penghambat pertumbuhan dan merangsang penutupan stomata pada waktu kekurangan air. Asam absisat dihasilkan di  daun, batang, akar, dan buah yang berwarna hijau.

5 komentar:

  1. mantap ulasan nya.lengkap dan detail.

    buat yg suka ngulik-ngulik tanaman kami sedia hormon tumbuhan auksin.sitokinin,giberelin,colchicine,dll.
    semua dalam bentuk cair.masih murni/biang.jadi mudah untuk pengunaan nya

    fast respon (24 jam) call/sms 081 805 1805 805
    http://hormontumbuhan.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. GIMANA CARA MENDAPATKANYA KAMISEDANG PENELITIAN DI KELAS

    BalasHapus
  3. blognya bagus bu.....
    mampir juga ya bu setiobekti.blogspot.com
    jika mau add facebook saya yah bu.... setio@linuxmail.org

    BalasHapus
  4. mantap artikelnya bu....
    kunjungi juga blog saya arham07.blogspot.com
    atau http://www.faceboook.com/CoretanPenaEmasq/

    BalasHapus
  5. Makasih ka' infonya ( infosehatinformasi.blogspot.com )

    BalasHapus